Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Cluster Barat 2019 "Makaryo Mbangun Deso"

Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul 2019
Alhamdulillah, Dapat Doorprize 
Bursa Inovasi Desa merupakan kegiatan penyebaran dan pertukaran ide kreatif atau inovasi masyarakat di desa-desa. Kegiatan ini dimaksudkan untk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif bisa juga alternatif pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif.

Dalam Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Cluster Barat ini disampaikan ide-ide kreatif dari desa-desa yang sudah berkembang untuk dijadikan referensi dalam pembangunan di desa lainnya. Bursa ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Pada Selasa, 18 Juni 2019.

Perlu kita sadari bahwa kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam prespektif "Makaryo Mbangun Deso" masih sangat terbatas. Hal itu sangat terlihat dalam kapasitas aparatur pemerintah desa dan masyarakat, kualitas tata kelola desa, maupun sistem pendukungnya. 

Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul


Sehingga, dampak dari hal tersebut, kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan di desa kurang optimal. Sangat terlihat sekali kebanyakan pembangunan desa masih terfokus pada kegiatan infrastruktur seperti rabat beton, bangket, dan pembangunan fisik lainnya, sedang kegiatan yang bersifat pemberdayaan masih kurang begitu mendapat perhatian dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa.

Untuk itulah Program Inovasi Desa (PID) ini dimunculkan, dengan harapan dapat menjadi pemicu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas desa. 
[Catatan Mas Eko]

(Diolah dari berbagai referensi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Cluster Barat 2019 "Makaryo Mbangun Deso""

Posting Komentar