Iklan FB Ads Bikin Untung Makin Melambung

“Pasang Iklan di Facebook Ads Di Jamin Untung”
OLEH MUST TEGUH 2016-02-06
Bagikan :

iklan FB Ads Murah
Contoh Iklan FB Ads
Perlukah pasang iklan di Facebook? Promosi memang bisa dimana saja. Melalui media yang lebih bervariatif orang bebas memilih platform, jenis iklan dan anggaran yang disesuaikan.

Tapi semua akan sia-sia andai produk yang Anda pasarkan tidak tepat sasaran dengan profit yang tak seimbang.

Di internet, fungsi sosial media mulai mengalami pergeseran. Dulu jejaring sosial hanya sebagai tempat ngobrol, update status serta chatting dengan teman lama atau pun kenalan baru. Kini semua telah berubah total.

Ada fungsi krusial dari media sosial yang kini mulai dilirik para pemilik website dan pelaku bisnis marketing yaitu sebagai TARGET PROMOSI IKLAN.

Salah satunya adalah Facebook Ads. Fitur dari media sosial milik Mark Zuckerberg ini mulai banyak digandrungi para blogger dan pemilik bisnis kecil, menengah hingga perusahaan.

Untuk itu saya ajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang seluk beluk pasang iklan di Facebook melalui salah satu fiturnya yaitu Facebook Ads.


Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads atau iklan Facebook merupakan fitur baru yang ditawarkan Facebook untuk mempromosikan suatu Fan Page milik pengguna dengan pengaturan jangkauan yang berbeda sesuai keinginan si pemasang iklan (pemilik Fan Page).

Disini pemasang iklan wajib memiliki sebuah Fan Page agar pengguna Facebook lainnya bisa memberikan ‘LIKE” atau menjadi follower. Materi dalam Fan Page bisa berupa nama perusahaan, website, produk, individu, merek dagang dan sebagainya.

Nantinya iklan bisa dirancang dengan lebih spesifik sesuai target pasar yang dituju, seperti lokasi, jenis kelamin, demografi, minat, status pernikahan, latar pendidikan dan sebagainya. Tujuan nya tentu agar iklan yang dibuat jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Sudah tahu modelnya Facebook Ads? Letaknya di beranda Facebook pada sidebar kanan. Gambar di bawah tulisan “Bersponsor” itulah iklan Facebook Anda yang bakal terlihat oleh pengguna lain nya.

Kenapa Harus Beriklan di Facebook Ads?

Orang memasarkan produk di Facebook tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi daya pemikat hingga mereka antusias memilih Facebook sebagai target promosi paling menjanjikan. Di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Apakah Anda tahu?  Indonesia menduduki urutan kedua sebagai negara pengguna Facebook terbesar setelah United States dengan jumlah angka menembus lebih dari 30 juta pengguna. (lihat gambar)

Jika Indonesia berpenduduk sekitar 238 juta jiwa, dengan asumsi usia produktif (15 – 60 tahun) sebesar 153 juta jiwa, maka jumlah pengguna Facebook dari usia produktif rata-rata mencapai 22 persen.

Bagi para pemain marketing, tingkat persentase tersebut tentu sangat menggiurkan. Dengan insting pemasaran yang tajam, data tersebut bisa mereka olah untuk di konversi menjadi sebuah laba.

Itu hanya data dari skala domestic. Jika di hitung dengan skala global, peluang kesuksesan marketing dari sebuah produk tentu akan makin terbuka lebar.


Biaya iklan yang murah

Berdasarkan testimoni dari para pengusaha internet yang telah lama memakai FB Ads, mereka mengatakan bahwa Facebook Ads adalah pilihan tempat beriklan yang paling tepat.

Biaya nya pun relatif murah, tarif terendah hanya Rp. 130 untuk setiap klik atau tampilan iklan di halaman Facebook. Jika dibandingkan dengan pengiklan lain, FB Ads jauh lebih menjanjikan.


Prospek Market lebih difokuskan pada data demografi

Ini poin yang paling penting. Dengan memasarkan produk lewat Facebook, target audiens bisa Anda atur berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, minat, status perkawinan dan masih banyak lagi.
Anda cukup menyesuaikan target iklan dengan produk yang dipromosikan.

Sistem Viral Marketing

Tak perlu risau dengan target iklan Anda. Ada sistem marketing yang tak kasat mata dalam iklan di Facebook, yaitu VIRAL MARKETING.

Saat promosi produk Anda diklik oleh minimal 10 orang, dengan viral marketing jumlah klik bisa bertambah berkali lipat dari 100 hingga 1000 orang. Kok bisa?

Sebenarnya ini bukan terjadi secara kebetulan. Melalui tombol “share”, “like”, dan "comment" yang ada pada plugin Facebook, semua itu bisa terjadi.

Mudah dan cepat dioperasikan

Ini yang paling disukai banyak orang. Saat iklan selesai Anda buat, dalam waktu singkat iklan Anda akan langsung diterbitkan. Hanya butuh waktu 1 - 2 jam, toko online Anda akan ramai diserbu pelanggan baru Anda.


Tentu menyenangkan jika website Anda banyak dikunjungi banyak orang hanya dalam waktu yang singkat sementara Anda duduk manis di depan laptop sambil ditemani segelas kopi hangat. Hmm..nikmat bukan?


Tahapan Pembuatan Facebook Ads

Ada 3 proses dalam membuat iklan di Facebook. Berikut ini gambaran singkatnya:

1. Pengaturan Iklan
Tiga pilihan dalam layanan iklan Facebook yaitu
Get More Page Likes, adalah iklan yang judul, teks, dan gambarnya dapat dibuat sendiri oleh pengiklan.
Promote Page Posts adalah pilihan yang akan menampilkan salah satu posting terbaru di halaman Fan Page.
Advanced Options merupakan pilihan iklan yang memungkinkan untuk para pengiklan memilih sendiri iklan yang ingin di promosikan serta harga yang ingin dibayarkan melalui iklan tersebut.

2. Pilih Target Khalayak yang tepat
Setelah memilih model iklan yang diinginkan, para pengiklan harus memilih kategori target khalayak dari iklan yang ingin dibuat agar iklan lebih spesifik dan tepat sasaran.

Kategori yang dapat dipilih antara lain wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

3. Harga dan Penjadwalan Iklan
Pada tahap ini, para pengiklan diwajibkan memberi nama kampanye dari iklan yang dibuatnya serta merancang jadwal kapan saja iklan tersebut akan ditayangkan.

Selain itu para pengiklan harus menentukan budget iklan yang akan dikeluarkan per harinya. Sebagai contoh jika pengiklan memiliki budget Rp. 100.000 untuk 10 hari masa iklan, maka ia dapat memilih iklan dengan tarif Rp.10.000 per harinya atau Rp. 100.000 untuk lifetime budget.

Terdapat dua metode pembayaran yaitu:
CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yaitu harga iklan yang diberlakukan untuk per 1000 kali penayangan iklan.
CPC (cost per click) yaitu harga yang telah disesuaikan dengan jumlah klik yang sudah dilakukan oleh para khalayak.


Cara Mengoptimalkan Iklan di Facebook

Agar iklan Facebook Anda benar-benar bekerja maksimal, tentu ada cara khusus untuk mengoptimasinya. Saya beri sedikit bocoran tentang metode mengoptimalkan iklan di Facebook, perhatikan.

1. Pilih iklan sesuai kebutuhan
Banyak jenis iklan pada Facebook berdasarkan beberapa kategori antara lain:
Page Post Engagement
Page Likes
Clicks to Website
Website Conversion
Apps atau Events

Meski kita bebas memilih, namun tentukan yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda perlukan. Apakah untuk mendongkrak jumlah ‘likes’ di Fan Page, atau untuk promosi postingan tertentu, event, atau klik untuk konversi ke website.

2. Sesuaikan dengan target pasar Anda

Agar target pasar Anda jelas dan tepat, jangan disetting untuk umum. Inilah kesalahan kecil yang sering dilakukan para pelaku bisnis saat menargetkan bisnis mereka.

Atur lokasi tempat produk yang akan Anda jual dan siapa sasaran produk tersebut (pembeli).

Selain itu, tentukan target lainnya yang pas untuk produk Anda seperti umur, gender, bahasa, minat, dan kategori lainnya.


3. Kontrol landing page iklan
Saat akan memasang iklan, periksa tujuan halaman landing iklan yang Anda buat, apakah mengarah ke Fan Page, website, atau blog Anda.

Agar iklan tersebut bisa di ketahui efektifitas nya, Anda wajib memasang tracking landing page untuk iklan yang Anda buat (disarankan memakai Google URL Builder).

4. Gunakan sponsor yang direkomendasi
Ada fitur pada FB Ads yang sangat efektif dalam meningkatkan trafik yaitu Sponsored Story. Mekanismenya hampir sama dengan efek ‘snowball’.

Sponsored Story sama juga iklan dari mulut ke mulut. Berawal dari rekomendasi satu orang teman hingga menular ke teman yang lainnya. Prinsipnya sederhana, sesuatu yang direkomendasikan seorang teman biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih besar. Karena secara psikologi, kita lebih percaya pada teman dibandingkan si penjual produk.

5. Uji CPM atau CPC nya
Di Facebook, sistem iklannya berbasis Cost Per Click (CPC) yang berarti Anda harus membayar saat iklan diklik orang. Serta Cost Per Mile (CPM) yang mengenakan biaya untuk setiap 1000 impression (intensitas munculnya iklan).

Jadi intinya, Anda dapat membeli kredit klik sesuai keinginan dan budget yang Anda miliki.

Dan untuk optimasi iklan Anda, pilih sistem CPC agar produk lebih tertuju ke pembeli potensial, sedangkan jika produk Anda berupa jasa, pilih saja CPM.

Berdasarkan banyak pengalaman dari para pengiklan, bentuk CPM lebih bagus dibanding CPC.

6. Pantau performa iklan Anda
Andai iklan Anda tidak berjalan dengan efektif, sebaiknya di stop atau di pause. Tujuan nya agar Anda mendapatkan Click Through Rate (CTR) yang tinggi.

7. Pasang gambar dengan kata promosi yang menarik
Iklan yang menarik tentu didukung oleh kualitas gambar yang bagus dan menarik mata calon konsumen.

Sebagai bumbu penyedapnya, bubuhkan beberapa kata pemikat sebagai bentuk promosi Anda. Ingat! Agar diklik orang, buat sesuai dengan deskripsi singkat dari produk yang Anda jual.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Facebook Ads. Semoga bermanfaat.
Jika kamu masih ragu, Mas Mur juga membuka jasa iklan FB Ads, silahkan PM saja ya di inbok facebook.com/masmuryantosama

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Iklan FB Ads Bikin Untung Makin Melambung"

  1. Besok kalau buka usaha online, artikel ini harus aku jadikan referensi. Harus! :)

    BalasHapus